Mengapa masyarakat Indonesia menyebut Nederland menjadi Belanda?

watch_later Monday, March 17, 2014
comment 2 Comments
Bendera Negara Belanda
 Lambang Negara Belanda

 Nederland merupakan salah satu negara maju yang berada di Eropa Barat yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Belgia di bagian selatan, jerman di bagian timur dan laut utara di bagian timur. Negara yang pusat pemerintahannya berada di Den Haag dan beribukota di Amsterdam ini pernah menjelajah indonesia selama ber abad abad dan di sebut dengan Belanda oleh rakyat indonesia.

Sebutan Belanda cukup jauh berbeda dari nama negara tersebut dalam bahasa belanda yaitu Nederland. Ada beberapa teori yang menjelaskan kenapa masyarakat indonesia menyebut Netherland atau Nederland menjadi Belanda. Terori teori tersebut berhubungan dengan penjajahan negara yang dijuluki negara kincir angin ini terhadap negara indonesia selama kurang lebih 350 . Berikut 2 teori yang paling banyak dipercaya sebagai penyebab mengapa Nederland disebut Belanda di Indonesia :

1. Teori pertama yaitu negara belanda juga sering disebut Holland. Holland adalah beberapa provinsi dari Nederland yang daerahnya lebih maju dari daerah lain. dan di lidah orang indonesia Holland di indonesiakan menjadi Holanda dan lama kelamaan berubah menjadi Belanda

2. Teori kedua berhubungan dengan peristiwa Mudzakrah ulama se-rumpun Melayu di tahun 1650 M di pagar alam (sumatera selatan) yang mempopulerkan istilah belandadari kata belahnde (belah = memecah, nde = keluarga) yang dimaksudkan sebagai penjajah indonesia.

Demikian teori teori yang menjelaskan Mengapa masyarakat indonesia menyebut Nederland menjadi Belanda dan bahkan Belanda menjadi bahasa baku yang di gunakan di indonesia untuk menyebutkan negara Nederland.

Untuk lebih banyak info-info menarik dan lebih update silahkan klik disini
avatar

Lambang negara mereka itu disebut apa ya kang dalam bahasa mereka?
��

delete October 5, 2017 at 6:44 PM
avatar
sultan person

Groot Rijkswapen kanlau gak salah kang yang artinya Lambang Kerajaan Agung berdasarkan google translate

delete May 15, 2018 at 6:02 AM



sentiment_satisfied Emoticon