Kenapa Pasta Gigi disebut Odol?

watch_later Tuesday, July 02, 2013
Siapa yang tidak tau odol? hampir tidak ada orang di indonesia tau apa itu Odol, yaitu zat berbentuk pasta yang digunakan untuk menyikat gigi atau disebut juga Pasta Gigi. Tapi banyak yang tidak tahu bahwa ternyata Odol itu adalah dulunya sebuah merek dagang dari pasta gigi yang mana sampai sekarang oleh orang indonesia menjadi sebutan untuk pasta gigi itu sendiri. Nah sekarang kita akan bahas Kenapa Pasta Gigi disebut Odol?

Pada awalnya merek odol adalah merek dagang dari cairan pencuci mulut (Mouth Wash) yang pertama kali diproduksi oleh Dresden Cchemical laboratory Lingner di jerman pada tahun 1892. Yaitu Karl August Lingner sang penemu yang menciptakan odol mouthwash dan dia adalah orang yang giat mengkampanyekan Hidup Higienis. Dia juga dikenal sebagai orang pertama yang mengadakan International Hygiene Exhibition pada tahun 1911. Dia mendirikan musium The German Hygyene Museum di Dresden.

Odol bukanlah merek dagang yang pertama kali memproduksi Pasta Gigi karena sebuah perusahaan Amerika yaitu Colgate lah yang pertama kali memproduksi massal cream pasta gigi tersebut akan tetapi merek Odol lah yang paling terkenal di indonesia pada zaman penjajahan belanda dan karena masyarakat kita kesusahan menyebut kata tandpasta (tand = gigi) maka masyarakat menyebutnya dengan odol karena lebih mudah diucapkan, dan sampai sekarang walupun sudah lama tidak ada beredar di pasaran tapi nama Odol tetap akrab di telinga kita sebagai pengganti kata Pasta Gigi.

Mungkin ada yang beretanya apakah masih ada Odol pada saat ini? jawabannya ada, di negara - negara eropa seperti Jerman, Belanda dan lain - lain odol masih bisa ditemukan.

Untuk lebih banyak info-info menarik dan lebih update silahkan klik disini



sentiment_satisfied Emoticon